Anton Medan: Rekrutmen Petugas Lapas Banyak Masalah

Alumnikampus.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) akhir-akhir ini banyak mendapatkan sorotan tajam. Tidak hanya karena banyaknya kasus tahanan yang kabur, namun banyak pula petugas Lapas yang disuap oleh tahanan maupun narapidana.

Kini muncul usulan agar petugas Lapas yang tak kompeten dan tak loyak untuk diganti dengan cara merekrut anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menjadi petugas sipir. Namun, hal ini dinilai salah kaprah, karena TNI bertugas mengamankan pertahanan NKRI, bukan menjaga penjara.

Terlepas dari persoalan tersebut, sejatinya Lapas di Indonesia memang membutuhkan banyak tenaga untuk memaksimalkan pengamanan dan sebagainya.

Menurut Anton Medan, mantan narapidana yang nekad membakar Mapolda Metro Jaya tahun 1976 mengatakan, bahwa rekrutmen petugas Lapas selama ini bermasalah.

“(Rekrutmen petugas Lapas) itu enggak jelas, mereka enggak ada training, enggak ada pembekalan, dan pelatihan. Tapi bisa jadi sipir,” ujarnya saat berbincang dengan Okezone, Kamis (14/5/2015).

Berdasar pada faktor tersebut, maka jelas berdampak pada intensitas pengamanan yang minim serta kualitas petugas Lapas yang diragukan. Hal inilah yang membuat kasus tahanan kabur dan keterlibatan petugas Lapas dalam bisnis narkoba marak terjadi.

“Rekrutmen petugas Lapas umumnya mereka yang hanya lulusan SMA saja. Mereka terima saja tanpa pelatihan. Jika mahasiswa di ospek dulu, nah mereka ini enggak ada,” tandas mantan preman ini.

Persoalan tersebut menjadi catatan penting bagi sistem lembaga pemasyarakatan di Indonesia. Sepatutnya pihak Lapas harus segera membersihkan diri dari dalam.

Tujuannya, kata Anton, agar jangan ada sipir yang terlibat sindikat narkoba, baik sebagai gembong, pengedar atau pemakai yang melibatkan petugas sipir dan bahwan narapidana.

Dengan demikian, kepercayaan publik terhadap kualitas Lapas sebagai lembaga yang dibentuk untuk membina narapidana dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari kegagalan memberantas narkoba.

 

sumber: _http://news.okezone.com/read/2015/05/14/337/1149715/anton-medan-rekrutmen-petugas-lapas-banyak-masalah

 

Dapatkan Artikel Menarik Lainnya!

Ayo Langgangan artikel Alumni Zone