Bali Nine di eksekusi, Australia tarik dubes

alumnikampus.com – Perdana Menteri Australia Tony Abbott memastikan Australia segera menarik Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia di Jakarta. Abbott mengatakan keputusan ini diambil karena Australia menyesalkan keputusan pemerintah Indonesia yang tetap mengeksekusi mati duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

“Kami menyesal dengan apa yang telah terjadi dan kami tidak dapat menganggap ini sebagai persoalan biasa,” kata Abbott dalam konferensi pers di Canberra seperti dilansir dari ABC.

Abbott melanjutkan, “Maka dari itu, tanpa mengurangi rasa hormat keluarga Chan dan Sukumaran, kami akan menarik Dubes kami.”

Pada kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan Dubes Australia untuk Indonesia Paul Grigson akan kembali ke Australia akhir pekan ini.

“Penarikan Dubes Australia menunjukkan kekecewaan kami atas perlakuan yang diterima warga negara kami,” ujar Bishop dikutip dari Sydney Morning Herald.

Tony Abbott mengatakan Australia menganggap hubungan bilateral Indonesia-Australia sebagai hal yang sangat penting. Namun, Abbott melanjutkan, peristiwa ini telah merusak hubungan itu.

Sebelumnya, Australia tidak menarik dubesnya ketika warga negara Australia mendapat hukuman mati. Pada 2005 lalu, Australia membiarkan warga negaranya, Van Tuong Nguyen, dijatuhi hukuman mati atas pidana narkoba di Singapura.

Duo gembong narkoba Bali Nine asal Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dieksekusi mati pada Rabu (29/4/2015) dini hairi di Lapangan Tembak Limus Buntu, Nusakambangan, Jawa Tengah. Keduanya dinyatakan mati 27 menit setelah eksekusi dilaksanakan.

sumber: okezone.com

Dapatkan Artikel Menarik Lainnya!

Ayo Langgangan artikel Alumni Zone