Banyaknya Jumlah Guru Tidak Sebanding Kualitas

Alumnikampus.com – Jamak terjadi di mana banyaknya jumlah guru tidak sebanding dengan kualitas guru yang diharapkan. Kasubdit Pendidikan Tinggi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Amich Alhumami menyatakan bahwa jumlah guru yang ada saat ini belum diiringi dengan kualitas guru itu sendiri.

“Dari kuantitas, kita tidak kekurangan guru, tapi jika diturunkan ke bawah hingga ke tingkat kabupaten terjadi ketimpangan,” ujar Amich dalam acara diskusi “Manajemen Guru,” ungkapnya di Jakarta, belum lama ini.

Jumlah guru Indonesia yang ada saat ini mencapai tiga juta guru, namun sayang dari segi kualitas tidak semua guru mencukupi. Hal tersebut terlihat ketika mereka mengikuti uji kompetensi, ternyatan masih ada yang berada di bawah rata-rata idealnya.

Menurutnya, salah satu cara untuk bisa meningkatkan kualitas guru yakni dengan melakukan pembenahan dari lembaga yang paling tinggi yaitu Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK). LPTK masih belum fokus untuk bisa menghasilkan guru-guru yang berkualitas.

“Mengapa untuk guru yang mendidik anak bangsa tidak dipilih yang bagus, lulusan terbaik. Jadi harus dibenahi proses seleksi dari awal,” ucapnya.

Konsultan Kemitraan untuk Pengembangan Kapasitas dan Analisis Pendidikan (ACDP), Totok Amin Soefijanto, menambahkan bahwa dalam mengatasi masalah mengenai kualitas guru ada sejumlah hal yang perlu diperbaiki yakni mengenai manajemen guru.

“Persoalan manajemen guru tersebut yakni kelebihan guru, penyaluran guru yang kurang efesien, kualitas guru, hingga gaji guru. Oleh karena itu perlu adanya tata kelola manajemen guru yang baik,” tambahnya.

 

sumber: _http://news.okezone.com/read/2015/05/14/65/1149607/banyaknya-jumlah-guru-tidak-sebanding-kualitas

Dapatkan Artikel Menarik Lainnya!

Ayo Langgangan artikel Alumni Zone