Batu Nisan Orangtua Butet Kartaredjasa Dicuri Pencinta Akik

alumnikampus.com – Ada-ada saja. Tren batu akik membuat orang semakin nekat. Batu nisan orangtua Butet Kartaredjasa dicuri pencinta akik. Makam Bagong Kussudiardjo di kompleks makam keluarga di Bantul, DIY, disambangi pencuri.

Butet Kartaredjasa mengutarakan, batu mulia jenis pancawarna yang terletak di sekitar makam ayahnya kini rusak dan pecah menjadi bagian kecil. Diduga, ada yang sengaja mengambil untuk dijadikan batu akik.

“Saya tahunya Jumat (10 April). Kebetulan saat itu saya sedang ke luar kota. Batu di sekitar makam tidak dicuri tetapi dicuwili (dipotong kecil) karo maling,” katanya kepada wartawan saat dihubungi melalui telefon, Selasa (14/4/2015).

Ironisnya, batu nisan orangtua Butet Kartaredjasa yang terdapat tulisan riwayat kelahiran dan meninggalnya seniman Yogyakarta tersebut ikut dirusak. Kemungkinan juga akan digunakan untuk batu akik. “Batu nisan tempat data meninggalnya, ditutuki (dipotong kecil),” jelasnya.

Menurut seniman monolog ini, keluarganya merupakan pencinta akik sejak lama. Batu pancawarna yang ada di sekitar makam dibeli ayahnya dari Pacitan, Jawa Timur, sebelum meninggal pada 15 Juni 2004.

“Batunya dibeli bapak saya sendiri dari Pacitan. Batu jenis pancawarna dipersiapkan sebagai nisan bapak dan ibu saya,” ucap Butet.

Keluarganya sudah melaporkan kejadian itu ke polisi. “Kakak saya sudah melapor. Ke depan agar tidak lagi dirusak, ditingkatkan keamanannya. Pencurinya biar kualat karena berani mengambil milik bapak saya yang sudah meninggal,” tuturnya.

Pencurian batu mulia juga terjadi di makam seniman Sapto Hodoyo di Panjimatan, Desa/Kecamatan Imogiri, Bantul. Di belakang nisan terdapat hiasan berupa dua bongkahan batu marmer dan bagian bawahnya ada batu mulia jenis kecubung berukuran sebesar kelapa. Batu kecubung itu kini hilang. (ris)

sumber: _http://news.okezone.com/read/2015/04/14/340/1133816/batu-nisan-orangtua-butet-kartaredjasa-dicuri-pencinta-akik

Dapatkan Artikel Menarik Lainnya!

Ayo Langgangan artikel Alumni Zone