DPP HTI: Amal Saleh Tidak Akan Sia-sia, Bahkan Dibalas Berlipat-lipat

Alumnikampus.com – Ketika kita malas mengerjakan shalat, zakat, sedekah, puasa, dakwah, amar ma’ruf nahi munkar, berjihad, dan semua amal shalih lainnya, kita harus mengingatkan pada diri kita bahwa jerih payah kita dalam mengerjakan semua amal shalih itu tidak akan hilang dan sia-sia. Sebab Allah Swt telah menjanjikan akan memberikan balasan kepada pelaku amal shalih dengan balasan yang sempurna. Tidak sedikit pun yang dikurangi.

Allah Swt berfirman:
وَمَن يَعْمَلْ مِنَ الصَّالِحَاتِ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلاَ يَخَافُ ظُلْمًا وَلاَ هَضْمًا

“Dan barangsiapa mengerjakan amal-amal yang saleh dan ia dalam keadaan beriman, maka ia tidak khawatir akan perlakuan yang tidak adil (terhadapnya) dan tidak (pula) akan pengurangan haknya.” (QS. Thaha [20] : 112).

Lebih dari itu, pelakunya akan mendapatkan pahalanya akan dilipatgandakan. Allah Swt berfirman:
فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَيُوَفِّيهِمْ أُجُورَهُمْ وَيَزيدُهُم مِّن فَضْلِهِ

“Adapun orang-orang yang beriman dan berbuat amal saleh, maka Allah akan menyempurnakan pahala mereka dan menambah untuk mereka sebagian dari karunia-Nya.” (QS. An-Nisā’ [4] : 173).

Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa selain diberikan balasan pahala dengan sempurna, orang yang beramal shalih juga akan diberikan tambahan balasan.

Menjelaskan ayat ini, Ibnu Katsir berkata, “Allah Swt akan memberikan mereka pahala sesuai dengan amal shalihnya dan memberikan tambahan kepada mereka berupa keutamaan, kebaikan, keluasan rahmat-nya, dan anugerah-Nya.”

Dalam ayat lainnya, Allah Swt juga berfirman:
مَن جَاء بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

“Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya.” (QS. Al-An’ām [6] : 160).

Semoga kita semakin semangat dalam beramal shalih.

(Ustadz Rochmat S. Labib)

Dapatkan Artikel Menarik Lainnya!

Ayo Langgangan artikel Alumni Zone