Google Rilis Fitur Pembuka Kunci Smartphone dengan Suara

alumnikampus.com – Pengguna mungkin kerap kali melupakan password yang mereka buat untuk membuka smartphone. Mengatasi hal tersebut, Google membuat sebuah terobosan baru untuk membuka smartphone degan suara.

Google mulai merilis update software Android yang menyertakan fitur yang memungkinkan pemilik untuk membuka smartphone dengan hanya perlu mengatakan ‘OK, Google’. Beberapa pengguna dengan sistem operasi Android versi terbaru telah mengakui mereka telah mendapatkan fitur tersebut di perangkatnya.

“Kami telah mendengar dari beberapa pengguna bahwa fitur tersebut telah sepenuhnya digelar,” ujar perwakilan Android Police, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (14/4/2015).

Sayangnya, fitur pembuka kunci dengan menggunakan suara penggunanya tersebut diklaim tidak terlalu aman jika dibandingkan dengan fitur layar kunci konvensional. Seseorang dengan suara yang mirip dengan pengguna smartphone dapat membuka kunci perangkat Anda.

Sebelumnya, pada 2011 Google juga merilis fitur Face Unlock yang memungkinkan kunci perangkat terbuka dengan menggunakan foto pengguna. Sebuah foto yang diambil akan disimpan dalam file yang dienkripsi dan setiap kali seseorang ingin membuka ponsel, mereka harus menggunakan kamera depan untuk mengambil foto wajah yang akan dicocokkan oleh sistem dengan foto sebelumnya.

Selain Google, Apple juga telah mematenkan teknologi selfie untuk membuka kunci pada layar perangkat mereka. Teknologi tersebut akan memungkinkan pengguna untuk mendekatkan wajah ke perangkat iPhone untuk menangkap foto, lalu kemudian akan dianalisis dan dicocokkan dengan gambar wajah pengguna yang telah diambil saat mengatur fitur penguncian. (amr)

sumber: _http://techno.okezone.com/read/2015/04/14/207/1133864/google-rilis-fitur-pembuka-kunci-smartphone-dengan-suara

Dapatkan Artikel Menarik Lainnya!

Ayo Langgangan artikel Alumni Zone