Hentikan Monsterisasi Islam

Alumnikampus.com – Pemberitaan tentang ISIS yang sempat mereda beberapa saat yang lalu kini kembali merebak. Jika sebelumnya perbincangan mengenai ISIS ini belum menghasilkan tidakan apapun, kali ini pemerintah mengambil beberapa langkah. Salah satu langkah yang kemudian menimbulkan beberapa pertentangan adalah pemblokiran situs-situs Islam yang dianggap radikal.

ISIS yang notabene hanya sebuah kelompok kecil yang jelas kalah jumlah dari rakyat Indonesia di image kan sebagai sesuatu yang sangat berbahaya. Sementara rakyat Indonesia sedang ditimpa masalah yang lebih berbahaya daripada masalah ISIS.

Isu ini kembali digemborkan bertepatan dengan dinaikannya harga BBM yang juga menandai naiknya harga bahan-bahan pokok. Isu ini juga bertepatan dengan melemahnya nilai rupiah serta tuntutan mahasiswa hampir di seluruh Indonesia yang bertajuk #RaporMerahJokowi. Karena itulah kita sedikit sekali mendengar masalah-masalah yang cukup krusial ini disiarkan di media yang ada.

Pengalihan isu semacam ini sebenarnya mengindikasikan ketidakmampuan pemerintah dalam mengatasi segala permasalahan yang ada. Jika saja pemerintah mampu menjelaskan atau memberi pemahaman yang masuk tentang kenaikan harga BBM misalnya, tentulah pengalihan isu ini tidak dibituhkan. Pengalihan isu juga bisa berarti ada sesuatu yang memang ingin ditutupi atau disembunyikan dari pengetahuan masyarakat.

Selain itu, merebaknya kembali isu ISIS ini bukan hanya mengalihkan perhatian masyarakat dari masalah yang sebenarnya, tetapi juga menimbulkan ‘horor’ tersendiri bagi masyarakat. Kini masyarakat lebih mudah mengasosiasikan simbol-simbol Islam sebagai ancaman teror. Seperti orang yang berjenggot atau bercadar biasanya dipandang sebagai orang yang radikal atau bahkan seorang teroris. Begitu pula dengan bendera Rasulullah, bendera kaum Muslim yang bertuliskan kalimat syahadat, dianggap sebagai benderanya teroris.

Padahal jika kita mau sedikit berpikir, kita akan menemukan bahwa Islam adalah sebuah agama rahmatan lil ‘alamin. Islam adalah agama yang indah yang diturunkan oleh Allah Sang Pencipta dan Pengatur alam semesta. Islam samasekali tidak pantas ditakuti. Bahkan kita akan menemukan bahwa Islam sebenarnya merupakan sebuah solusi yang mampu menyelesaikan segala permasalah yang sedang menimpa kita saat ini. Karena pada dasarnya, segala permasalahan yang ada terjadi karena tidak diterapkannya Islam dalam seluruh aspek kehidupan kita.

Oleh karena itu saat ini seharusnya kita lebih waspada dalam menyikapi segala sesuatu. Terutama jika menyangkut media yang kini entah berpihak pada siapa. Masyarakat harus mulai bisa memilih mana berita yang bisa mereka terima, dan mana berita yang harusnya tidak mereka percaya. Hal ini tentunya membutuhkan pengetahuan yang baik tentang apa yang benar dan yang salah. Terutama pula jika menyangkut tentang Islam yang notabenenya adalah agama mayoritas penduduk bumi, khususnya Indonesia. Wallahua’lam [].

sumber: https://www.islampos.com/tolak-monsterisasi-islam-175958/

Dapatkan Artikel Menarik Lainnya!

Ayo Langgangan artikel Alumni Zone