Inilah Cara Daftar SBMPTN 2015

alumnikampus.com – Pelajar tingkat SMA/sederajat di seluruh Indonesia kini sedang menunggu pengumuman kelulusan. Di saat yang sama, di mereka juga tengah menyiapkan diri menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Bagi kamu yang ingin masuk universitas negeri menggunakan jalur ini, simak tata cara pendaftaran SBMPTN, seperti dikutip dari laman resmi SBMPTN 2015, Selasa (21/4/2015).

1. Persyaratan pendaftaran

SBMPTN 2015 dapat diikuti oleh pelajar SMA hingga mereka yang lulus sejak dua tahun lalu, yaitu lulusan 2013 dan 2014. Nah, untuk kamu yang termasuk kelompok tersebut, jangan lupa siapkan ijazah sebagai syarat pendaftaran. Namun, kamu yang baru lulus tahun ini cukup menyiapkan Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang dibubuhi informasi jati diri, foto terbaru, dan cap yang sah dari sekolah.

2. Pendaftaran online

Pendaftaran online akan dibuka mulai mulai 11 Mei pukul 08.00 WIB sampai dengan 29 Mei pukul 22.00 WIB. Untuk mendaftar, kamu harus membuka laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.

Saat ini, belum tersedia panduan pengisian borang pendaftaran SBMPTN 2015. Tapi jangan khawatir, mulai 5 Mei kamu bisa mengunduh tata cara pengisian borang melalui http://download.sbmptn.or.id. Pahami benar cara pengisian supaya tidak terjadi kesalahan.

3. Pilihan kampus dan prodi

Kalau kamu hanya memilih satu prodi, kamu bisa memilih PTN mana pun di seluruh Indonesia. Jika kamu memilih dua prodi atau lebih, maka salah satu kampus yang dipilih harus berasal dari provinsi yang sama dengan SMA-mu. Sementara, kampus lainnya bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

Hati-hati dalam menentukan pilihan pertama saat pendaftaran. Sebab, urutan dalam pemilihan prodi menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu, pikirkanlah matang-matang sebelumnya.

3. Ujian tertulis

Ujian tertulis terdiri dari tiga tes, yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Saintek, dan Tes Kemampuan Dasar Soshum.

Perlu diketahui, panitia membolehkan kamu untuk memilih maksimal tiga prodi, dengan beberapa ketentuan. Jika prodi yang kamu pilih semuanya dari kelompok saintek, maka kamu akan mengikuti ujian saintek saja. Begitupun jika prodi yang kamu pilih adalah kelompok soshum. Namun, jika prodi yang kamu pilih dari kedua kelompok tersebut, maka kamu akan mengikuti ujian campuran.

4. Ujian keterampilan

Ujian Keterampilan diikuti oleh peserta yang memilih prodi seni dan olahraga. Untuk kamu yang memilih prodi seni, akan mengikuti ujian yang terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan seni. Sedangkan bagi kamu yang memilih prodi olahraga, kamu akan menjalani pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani, dan keterampilan dasar olahraga.

5. Biaya SBMPTN

Kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100 ribu untuk mengikuti SBMPTN 2015. Biaya ini bisa kamu bayarkan melalui Bank Mandiri atau Bank BNI. Pembayaran dapat kamu lakukan setelah mendapatkan kode pembayaran pada slip biaya seleksi setelah melakukan daftar online terlebih dahulu. (ira)

Dapatkan Artikel Menarik Lainnya!

Ayo Langgangan artikel Alumni Zone