Tips hemat biaya nikah: dari Konsep nikah sampai dapat bantuan maskawin

Menikah bukan perkara mudah, bagi kebanyakan calon pengantin akan mati-matian memikirkan biaya pernikahan. Bahkan banyak pria maupun wanita urung menikah dengan alasan “biaya mahal”. Jika hanya menikah agar tercatat di KUA itu adalah perkara mudah, karena sekarang biaya pernikahan di KUA digratiskan (tentu saja harus sesuai prosedur pengurusan pernikahan). Berikut konsep hemat biaya pernikahan:

Konsep Pernikahan

Mahalnya biaya pernikahan serta banyaknya permintaan untuk mengkonsep pernikahan dengan menghemat biaya membuat para konseptor pernikahan bertebaran memberikan jasa konsultasi pernikahan. Tentu saja mereka mematok tarif tertentu sebagai ganti jasa yang mereka berikan kepada calon pasangan pengantin. Namun bagi anda yang terbiasa mengkonsep sebuah acara dan belum menikah, alangkah baiknya jika suatu saat hendak menikah, konseplah pernikahan anda sendiri. Beberapa keuntungan jika anda mengkonsep acara pernikahan anda, biaya akan lebih hemat karena tidak lagi mengeluarkan biaya untuk membayar biaya jasa konsultasi pernikahan. Anda juga mempunyai portofolio konsep pernikahan yang bisa dijadikan menjadi ide bisnis baru sebagai jasa konsultan pernikahan dengan mempromosikan kepada tamu undangan anda. Cara ini menambah nilai positif karena tamu undangan akan dating ke acara pernikahan anda dan secara langsung menikmati serta melihat secara langsung konsep pernikahan yang anda buat.

Undangan dan Souvenir

Undangan pernikahan umumnya berupa beberapa lembar kertas. Fakta dari undangan-undangan pernikahan seperti ini dianggap barang yang tidak berguna. Undangan-undangan seperti ini sangat tidak efektif, hanya dibaca dan akan dibuang begitu setelah membacanya. Coba sejenak direnungkan, lembaran-lembaran kertas undangan tersebut terdapat foto anda dengan pasangan anda yang anda buat dengan membayar jasa pembuat undangan, kemudian undangan itu dibuang begitu saja, kaki-kaki menginjak-injak foto anda dan pasangan, duh..

Sebenarnya jika diamati antara undangan dan souvenir pernikahan nasibnya hampir sama. Pusing saat memikirkan memilih model undangan dan souvenir apa yang akan diberikan kepada tamu undangan. Coba berfikir sejenak untuk tidak menghamburkan uang untuk mebelanjakan barang yang ujungnya berahir tanpa ada manfaat yang berarti. Buatlah undangan sekaligus sebagai souvenir. Hal ini akan menghemat biaya, karena menggabungkan budget undangan dengan budget souvenir. Tips ini efektif jika anda hendak memberikan souvenir kepada seluruh tamu undangan. Namun jika souvenir hanya untuk tamu undangan tertentu buatlah undangan itu terbatas hanya untuk penerima souvenir saja.

Jika penerima undangan tidak memungkinkan untuk dihantarkan kepada penerima, jangan ragu untuk menghubunginya secara langsung, seseorang tidak akan merasa sungkan jika anda langsung memintanya hadir ke acara pernikahan anda. Jika memang undangan harus dikirim melalui jasa kurir, usahakan dikirim jauh-jauh dari waktu pernikahan anda untuk menghemat biaya kurir. Anda juga bisa memilih souvenir dari benda-benda bermanfaat di sekitar anda.

Catering

Pemilihan catering menentukan kualitas suatu acara. Tidak dipungkiri setiap orang mempunyai tujuan untuk menikmati hidangan yang disediakan, bukan begitu? Menu makanan mewah dengan nama panjang ala menu-menu restoran justru akan membuat bingung tamu undangan. Sesuaikanlah menu makanan dengan tamu undangan anda. Jika memang anda menginginkan menu mewah usahakan nama menu tersebut familiar. Namun untuk lebih menghemat panggillah para pedagang jajanan langganan anda untuk menjamu tamu-tamu undangan anda. Hal ini akan menambah acara anda menjadi nyaman karena menu makanan yang biasa anda makan kemungkinan juga tamu-tamu anda.

Baju nikah

Memilih baju nikah memang hal paling ribet, terlebih jika anda memiliki postur tubuh unik. Sebisa mungkin untuk tidak membuat baju nikah, usahakan untuk menyewa ditempat penyewaan. Selain untuk menghemat biaya, banyak pilihan model baju pernikahan yang disediakan oleh jasa penyewaan baju nikah. Anda bisa mengunjungi wedding organizer untuk menyewa baju nikah yang anda inginkan. Tentu saja anda harus meluangkan waktu untuk hunting beberapa WO untuk mendapatkan model dengan harga yang anda inginkan.

Lokasi Pernikahan

Carilah lokasi-lokasi yang mudah dijangkau dan mempunyai petunjuk arah menuju lokasi yang jelas. Usahakan jarak tidak terlalu jauh dari tempat tinggal anda. Banyak tempat-tempat yang menyediakan potongan harga, baik di hotel maupun di gedung-gedung pertemuan, tanyakan harga dan fasilitas apa yang didapat dengan harga itu. Jangan ragu untuk menanyakan harga murahnya. Karena biasanya lokasi-lokasi tersebut memberikan paket diskon, bahkan banyak juga yang memberikan satu paket komplit.

Tips menghemat biaya pernikahan ini dapat anda terapkan untuk hasil yang sempurna, gabungkanlah beberapa konsep pernikahan, saring dan ambil konsep pernikahan yang sesuai dengan budget anda.

Cari Bantuan Biaya Maskawin

Bagi Anda yang ingin menikah namun kesulitan dana dalam mewujudkan pernikahan Anda, mencari bantuan biaya maskawin atau mahar bisa menjadi solusi. Apakah ada yang bisa memberikan bantuan maskawin di jaman kapitalisme-liberalisme seperti saat ini?

Jawabnya ada.. Tetapi bantuan maskawin yang diberikan terbatas saja yaitu hanya sebesar Rp. 250.000,- untuk setiap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Bagaimana cara untuk mendapatkan bantuan biaya maskawin ini? Caranya mudah silahkan klik Link berikut dan ikuti caranya.

Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel Menarik Lainnya!

Ayo Langgangan artikel Alumni Zone